Thursday, June 23, 2011

Single Subject Design

VARIABEL DAN HUBUNGAN FUNGSIONAL
Variabel artinya sebagai segala faktor yang dilibatkan dalam sebuah penelitian. Faktor faktor itu bisa jadi atribut individual yang diteliti misalkan segala macam yang ada pada individu (jenis kelamin umurnya, skor test) juga termasuk kondisi yang berhubungan dengan seting penelitian. Seperti penelitian dikelas bukan saja penelitian secara formal saja. Atau juga variabel itu bisa hakekat intervensi misalkan strategi pembelajaran ( pembelajaran kooperatif) materi pembelajaran atau tehnik manajemen prilaku. Variabel adalah semua yang mencakup dalam penelitian itu.salah satu bentuk variabel counfounding variabel. Dalam penelitian tujuan adalah mengontrol ada dan tidaknya variabel yang berpengaruh pada hasil. Misalkan reinforcement terhadap dampaknya keterlambatan siswa. Variabel yang tidak terkontrol contohnya siswa terlambat, lalu diberikan reinforcement, tetapi tetap terlambat karena siswa itu sakit.
Jenis-jenis variabel ada dua yaitu Dependent dan Independent. Dependent  merujuk pada perilaku yang akan diubah. Independen merujuk pada intervensi yang akan digunakan untuk merubah perilaku.
            Contoh: setelah siswa membaca, guru memberikan feed back korektif atau balikan korektif. Dependent: perilaku membaca. Independen : guru memberikan feed back pada siswa. Desaign single subjek memungkinkan peneliti untuk mengetahui sebab dan akibat antara variabel independent dan dependent.
            Desain eksperimen subjek tunggal memberi kemungkinan kepada peneliti untuk memahami sebab dan akibat antara variabel yang independent dan variabel dependent. Jika perubahan dalam variabel dependent terjadi secara berulang kali, maka variabel independent diberikan maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan fungsional antara keduanya.karena itu disain single subjek memberikan kerangka untuk menguji efek yang berulang kali. Ketika intervensi dan hasilnya terus berulang guru maupun peneliti dapat meyakini bahwa perilaku tertentu berubah sebab terdapat hubungan fungsional. Hubungan fungsional adalah jika dibuktikan kebenarannya yaitu dengan mengulang – ulang.    
KATEGORI DASAR DESAIGN
Format desain penelitian yang mengatur cara mengajukan pertanyaan, serta cara memperolehnya dan menganalisa data. Terdapat dua jenis atau katagori desain penelitian. Desain kelompok dan desain subjek tunggal. Desain kelompok berfokus pada pertanyaan dan data yang berhubungan dengan kelompok orang dan desain subjek tunggal berfokus pada pertanyaan dan data yang berhubungan dengan individu.
Desain Group digunakan untuk mengevaluasi dampak intervensi pada perilaku seluruh populasi (misalnya, semua siswa kelas dua disekolah atau dari seluruh gedung sekolah) atau dari sampel yang representatif dari populasi. Untuk menentukan efektivitas intervensi, populasi (atau sampel yang dipilih secara acak) ini, juga secara acak, dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. (Ini adalah ini pilihan acak dan pembagian yang memungkinkan generalisasi dari sampel ke seluruh populasi.) Anggota kelompok eksperimen menerima intervensi. Ini memberikan ulangan beberapa pengaruh intervensi. Anggota kelompok kontrol melakukan tidak menerima intervensi. Pengukuran perilaku (rata-rata kinerja) dibuat sebelum intervensi dan pada akhir intervensi untuk setiap kelompok. Perubahan perilaku rata-rata di populasi dibandingkan yang terjadi setelah intervensi. Perbandingan ini dilakukan melalui penggunaan prosedur statistik, tujuan yang adalah: (a) untuk memverifikasi perbedaan dalam perubahan dalam skor rata-rata antara dua kelompok, (b) untuk memverifikasi bahwa perbedaan signifikan dan karena itu mungkin layak menjadi tindakan, dan (c) untuk memverifikasi bahwa perbedaan antara kelompok, mungkin hasil lebih intervensi daripada kesempatan atau beberapa sumber yang tidak diketahui.
Sebagai contoh, kurikulum Fulton County Public Schools sedang mempertimbangkan mengubah teks matematika kelas enam. Saat ini mereka menggunakan teks dengan Jones dan Jones. Panitia secara acak memilih 200 siswa dari antara semua anak kelas enam. Siswa ini kemudian secara acak baik kelompok eksperimental (100 siswa) atau kelompok kontrol (100 siswa). Selama minggu pertama seluruh 200 siswa diuji pada ujian matematika kelas 6. Kemudian kelompok eksperimen menerima instruksi menggunakan Smith dan matematika Smith, sedangkan kelompok kontrol terus menerima instruksi menggunakan matematika Jones and Jones. Pada akhir tahun ajaran setiap kelompok diuji lagi matematika kelas enam. Keuntungan rata-rata kinerja (jumlah tujuan bertemu) untuk kelompok-kelompok perbandingan. Hal ini dilakukan untuk menentukan: (a) jika tidak ada perbedaan perolehan skor  dua kelompok, (b) jika ada perbedaan, apakah perbedaan ini signifikan, dan  (C) apakah masuk akal untuk mengasumsikan bahwa keuntungan yang lebih besar atau lebih kecil di skor oleh kelompok eksperimen adalah akibat penggunaan Smith dan teks Smith. Analis perilaku terapan suka beberapa pengukuran perilaku dalam rangka memberikan gambaran rinci tentang perilaku sebelum dan selama intervensi.

SINGLE SUBJECT DESAIGN
Single subjek desain menyediakan struktur untuk mengevaluasi kinerja individu bukan kelompok. Sedangkan desain mengidentifikasi kelompok-pengaruh variabel terhadap kinerja rata-rata sejumlah besar siswa, desain single-subjek mengidentifikasi pengaruh variabel di sebuah perilaku tertentu dari seorang siswa tertentu. Desain seperti ini memantau kinerja individu selama manipulasi variabel independen (s).
Single-subjek desain ulang memerlukan tindakan dari variabel dependen. Kinerja individu yang perilakunya sedang dipantau dicatat mingguan, sehari-hari, atau bahkan lebih sering selama tiap waktu. Kinerja individu kemudian dapat dibandingkan dalam kondisi percobaan yang berbeda, manipulasi variabel independen. Setiap individu dibandingkan hanya untuk dirinya sendiri, meskipun intervensi dapat direplikasi dengan beberapa individu lain dalam desain yang sama. Single-subjek penelitian menekankan signifikansi klinis bagi seorang individu daripada signifikansi statistik antara kelompok-kelompok. Jika hasil intervensi dalam perbaikan, diamati dan terukur, ini disebut berfungsi sebagai meningkatkan, hasil percobaan dianggap memiliki signifikansi klinis.
Analis perilaku terapan umum tidak menganggap hasil penelitian berdasarkan tunggal sukses intervensi. Ketika hubungan fungsional dibentuk antara independen variabel (intervensi) dan variabel dependen (perilaku) untuk satu individu, mengulangi penelitian intervensi yang sama dilakukan menggunakan berbagai individu dan variabel dependen yang berbeda. Intervensi lebih sering suatu terbukti efektif, kepercayaan lebih umum diperoleh tentang hasil intervensi.
Ketika guru menggunakan pujian secara sistematis meningkatkan perilaku siswa terhadap soal matematika. Peningkatan tidak hanya hasil matematika tetapi juga perilaku akademik dan sosial lainnya dengan banyak siswa lebih meyakinkan. Menggunakan replikasi sistematis, diterapkan analis perilaku secara bertahap mengidentifikasi prosedur dan teknik yang efektif dengan banyak siswa. Lain-lain kemudian dapat mengadopsi prosedur dan teknik dengan cukup keyakinan bahwa mereka akan bekerja.
Sidman (1960) menyarankan bahwa kesalahan untuk melihat penelitian subjek tunggal
hanya sebagai
dunia kecil dari penelitian kelompok. Berulang ukuran dari variabel dependen
jika variabel independen adalah diterapkan dan dihapus menunjukkan kontinuitas
sebab dan akibat dan hubungan dari satu titik data ke yang lain yang tidak akan terlihat
ketika membandingkan pengaruh variabel independen di seluruh kelompok yang terpisah.


Pengukuran Baseline
Tahap pertama dari rancangan subjek tunggal melibatkan pengumpulan dan pencatatan baseline data. Baseline Data adalah ukuran tingkat perilaku (variabel dependen) seperti itu terjadi secara alami, sebelum intervensi. Kazdin (1982,1998) menyatakan bahwa baseline data melayani dua fungsi. Pertama, data baseline melayani fungsi deskriptif. Data ini menggambarkan tingkat kinerja siswa yang ada. Bila data yang digambarkan, mereka memberikan gambaran kemampuan siswa perilaku saat ini untuk menyelesaikan masalah atau kemamuan aslinya banyak bicara. Tujuannya dapat membantu guru dalam memverifikasi atau mengurangi dan meningkatkan perilakunya (banyak bicara).
Kedua, data baseline melayani fungsi prediktif " Baseline data  berfungsi sebagai dasar untuk memprediksi tingkat kinerja untuk waktu dekat jika intervensi tersebut tidak
diberikan "(Kazdin, 1982, hal 105) Untuk menilai keberhasilan intervensi (yang independen.
variabel), guru harus tahu apa kinerja murid seperti sebelum
intervensi. Baseline data melayani tujuan yang sama dengan sebuah pretest. "predikasi dicapai dengan memproyeksikan ke masa depan kelanjutan kinerja baseline " (hal. 105). Hal ini melawan proyeksi bahwa dampak intervensi dinilai.
Tahap awal sesi berlanjut untuk beberapa saat sebelum fase intervensi dimulai. Dalam banyak kasus, setidaknya lima dasar titik data dikumpulkan dan diplot. Sejauh mana pengumpulan data dasar dipengaruhi oleh karakteristik tertentu dari titik data.
Karena data dasar yang akan digunakan untuk menilai keefektifan intervensi guru, penting bahwa baseline menjadi stabil, menyediakan sampel yang representatif terjadinya perilaku yang alami. Kestabilan data dasar dinilai oleh dua karakteristik: variabilitas dari titik-titik data dan kecenderungan di titik data. Variabilitas data mengacu pada fluktuasi dalam kinerja siswa. "Sebagai aturan umum, semakin besar variabilitas dalam data, semakin sulit untuk menarik kesimpulan tentang efek intervensi "(Kazdin, 1982, hal 109) dan untuk membuat proyeksi tentang kinerja yang akan datang. Ketika baseline tidak stabil, hal pertama yang harus diperiksa adalah definisi perilaku target. Tidak stabilnya baseline menunjukkan bahwa definisi operasional perilaku target tidak cukup deskriptif untuk memungkinkan keakuratan dan konsisten perekaman atau karena kolektor datanya tidak konsisten  pada prosedur pengumpulan data.




 









Dimana variabel dapat dikontrol dengan seksama, kriteria penelitian yang berorientasi untuk adanya variabilitas akan titik data dalam kisaran 5% dari variabilitas (Sidman, 1960), kriteria terapi sebesar 20% telah disarankan (Repp, 1983). Namun, masalah penelitian murni mungkin kurang penting dari modifikasi cepat perilaku, kami menyarankan lebih longgar parameter variabilitas 50%. Jika variabilitas melebihi 50%, teknik statistik untuk perbandingan kinerja harus digunakan (Barlow & Hersen, 1984). Sebuah baseline dapat dianggap stabil jika tidak ada titik data baseline bervariasi lebih dari 50% dari rata-rata, atau rata-rata, dari baseline. Gambar 5-1 menggambarkan prosedur untuk menghitung stabilitas suatu dasar berdasarkan kriteria ini.
Trend dalam data mengacu indikasi adanya arah tertentu dalam kinerja perilaku. Trend  didefinisikan sebagai tiga data berturut-turut bergerak kea rah yang sama (Barlow & Hersen, 1984). Bisa menunjukkan kecenderungan, kecenderungan meningkat, atau kecenderungan menurun. Gambar dibawah ini menggambarkan dua jenis kecenderungan meningkat dan menurun.
Gambar Kecenderungan meningkat
(Ascending Baseline)


 

       •
 •
     •


 




Gambar Kecenderungan menurun
(Descending Baseline)


 

        •
             •
                                •


 

Baseline ascending menunjukkan kecenderungan meningkat. Guru harus melakukan intervensi pada baseline naik hanya jika tujuannya adalah untuk mengurangi perilaku tersebut. Contohnya untuk mengurangi perilaku siswa terlambat.
Baseline descending menunjukkan termasuk setidaknya tiga titik data yang menunjukkan penurunan khas arah atau kecenderungan dalam perilaku. Guru harus melakukan intervensi pada turun awal saja jika tujuannya adalah untuk meningkatkan perilaku. Contohnya: meningkatkan siswa yang aktif berbicara di kelas.
Pengukuran Intervensi
Komponen kedua dari setiap single subjek desain adalah serangkaian tindakan berulang-ulang subjek kinerja di bawah kondisi perlakuan atau intervensi. Independen
variabel (
perlakuan atau intervensi) diperkenalkan, dan pengaruhnya pada tergantung
variabel (kinerja siswa) diukur dan dicatat.
Kecenderungan dalam perlakuan menunjukkan efektivitas perlakuan guru atau peneliti dengan panduan dalam menentukan perlunya perubahan dalam prosedur intervensi.
Baseline ketika sudah di dapat, langkah selanjutnya melakukan intervensi, lalu di ukur dengan tujuan apakah salah atau bener intervensi yang dilakukan. Jika intervensinya salah maka di ubah.
Kontrol Eksperimental
Kontrol Eksperimental adalah usaha peneliti untuk memastikan bahwa perubahan yang terjadi pada variable dependen, secara nyata berhubungan dengan manipulasi variable independen dengan kata lain terdapat hubungan fungsional diantara keduanya. Peneliti ingin menghilangkan kemungkinan ada hal-hal yang lain yang menyebabkan  untuk perubahan perilaku. contoh: guru melakukan system behavioral untuk mengurangi perilaku yang distruktif (perilaku pengganggu) setelah tiga siswa yang mengganggu tiga tempat, dia tidak benar-benar yakin bahwa system yang barulah yang menyebabkan turunnya level gangguan.. Dalam hal ini tiga siswa tadi merupakan tiga siswa tadi adalah variable confounding. Kemudian siswa dikeluarkan, setelah itu guru menerapkan sistem behavioral. Kemudian setelah diterapkan siswa di dalam kelas ternyata diam. Guru tidak tau apakah itu karena guru yang menerapkan sistemnya ataukah karena siswanya dikeluarkan tadi.
Desain dalam chapter ini terdiri dari beberapa tingkat control eksperimental, salah satunya dikenal dengan nama desain pembelajaran dan desain penelitian. Desain pembelajaran tidak perlu membahas hubungan fungsional waluapun begitu desain itu dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran setiap kali. Sedangkan desain penelitian, perlu control eksperimental yang lebih ketat sehingga memungkinkan guru atau peneliti mengasumsikan adanya hubungan eksperimental. Para peneliti biasanya melakukan control eksperimental dengan mengulangi intervensi beberapa kali dan mengobservasi dampaknya terhadap variable dependen setiap kali intervensi tersebut di ulang.
AB DESAIGN
Desain AB adalah desain single-subjek dasar. Setiap desain yang lebih kompleks sebenarnya merupakan perluasan satu sederhana. Penunjukan AB mengacu pada dua fase dari desain: A, atau dasar, fase B, atau intervensi, tahap. Selama Fasa A, awal dikumpulkan dan dicatat. Setelah baseline stabil telah didirikan, intervensi diperkenalkan, dan tahap B dimulai. Pada tahap ini, data intervensi busur dikumpulkan dan dicatat. Guru dapat mengevaluasi kenaikan atau penurunan persentase, jumlah, atau durasi dari perilaku target selama fase intervensi dan membandingkannya dengan fase awal. Dengan menggunakan informasi ini untuk membuat kesimpulan tentang efektivitas intervensi, guru dapat membuat keputusan tentang melanjutkan, mengubah, atau membuang intervensi.
Implementasi
Tabel 5-1 menunjukkan data yang dikumpulkan dengan menggunakan desain AB. Guru dalam hal ini adalah membenarkan jawaban yang benar kepada sejumlah siswa dengan memberikan pertanyaan tentang tugas membaca. Selama 5 hari, ia mengumpulkan data baseline. Dia kemudian membuat 2 menit waktu luang kontinjensi pada setiap jawaban yang benar dan terus mencatat jumlah yang benar seperti yang ditunjukkan pada Tabel 5-1, jumlahnya jelas meningkat selama fase intervensi. Guru bisa membuat asumsi sementara bahwa intervensi-nya efektif.
Tampilan Grafis
Data dikumpulkan dengan menggunakan desain AB yang digambarkan dalam dua tahap: A, atau awal, dan B, atau intervensi. Sebuah garis vertikal putus pada grafik memisahkan dua tahap dan titik data antara fase tidak terhubung, Grafik pada Gambar 5-4 menunjukkan gambaran yang lebih jelas dari efektivitas intervensi dibandingkan data dalam bentuk tabel.
Table 5-1
Contoh data dari desain AB
Baseline Data
Hari
Jumlah tanggapan yang Benar
Senin
2
Selasa
1
Rabu
0
Kamis
2
Jumat
1
Intervention Data
Hari
Jumlah tanggapan yang Benar
Senin
2
Selasa
1
Rabu
0
Kamis
2
Jumat
1


Gambar 5-4
Grafik Desain AB
Data dari table 5-1

Baseline                               Intervention
                            “A”                                        “B”
10       
9         
8
7                                                                                  •
6                                                                      •                       •
5                                                          •
4                                                                             •
3         
2          •                       •
1                   •                          •
0                            •
Senssions






Aplikasi Desaign
Dasar Desain AB tidak sering ditemukan dalam literatur penelitian karena tidak bisa menilai untuk hubungan fungsional. Desain tidak menyediakan untuk replikasi dalam suatu percobaan yang membentuk hubungan fungsional. Schoen dan Nolen (2004) menggunakan rancangan AB untuk menggambarkan hasil intervensi yang dirancang untuk mengurangi perilaku off-task seorang anak kelas enam dengan ketidakmampuan belajar.
Menggambarkan penurunan jumlah menit dia off-task dari awal melalui fase intervensi. Bagaimanapun orang tidak bisa, mengasumsikan hubungan fungsional antara variabel dependen (off-task perilaku) dan variabel independen (self-manajemen checklist) karena desain AB tidak menyediakan untuk manipulasi berulang (penggunaan dan penghapusan) dari variabel independen.
Kelebihan dan Kelemahan
Keuntungan utama dari desain AB adalah kesederhanaannya. Guru berarti cepat membandingkan perilaku siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan beberapa intervensi atau prosedur instruksional, membuat instruksi yang lebih sistematis.
Kerugian dari desain AB adalah tidak dapat digunakan untuk membuat asumsi yaitu hubungan fungsional. Meskipun data mungkin menunjukkan peningkatan atau penurunan dalam perilaku selama fase intervensi, sehingga menunjukkan efektivitas intervensi, desain ini tidak menyediakan untuk replikasi dari prosedur. Oleh karena itu, desain AB rentan terhadap variabel pengganggu atau peristiwa kebetulan.
REVERSAL DESAIGN (DESAIGN PEMBALIKAN)
Desain pembalikan digunakan untuk menganalisis efektivitas independen tunggal
variabel. Sering disebut sebagai desain
ABAB, desain ini melibatkan sekuensial
aplikasi dan penarikan intervensi untuk memverifikasi efek intervensi terhadap perilaku. Dengan berulang kali membandingkan data baseline data yang dikumpulkan selama aplikasi
dari strategi intervensi, peneliti dapat menentukan apakah suatu hubungan fungsional
ada antara variabel dependen dan independen.
Implementasi
Desain pembalikan memiliki empat fase: A, B, A, dan B:
·         A (baseline 1): baseline awal selama data dikumpulkan pada perilaku sasaran dalam kondisi yang ada sebelum pengenalan dari intervensi.
·         B (intervensi 1): pengenalan awal dari intervensi yang dipilih untuk mengubah perilaku sasaran. Intervensi terus sampai tercapainya target kriteria perilaku atau kecenderungan ke arah yang diinginkan, perubahan perilaku dicatat.
·         A (baseline 2): kembali ke kondisi dasar asli, dicapai dengan menarik atau mengakhiri intervensi.
·         B (intervensi 2); membangkitkan kembali prosedur intervensi.
Data dikumpulkan dengan menggunakan desain pembalikan dapat diperiksa untuk hubungan fungsional antara variabel dependen dan independen. Gambar 5-6 menunjukkan hubungan fungsional antara variabel dependen dan independen, dikatakan ada jika set kedua pengembalian baseline data ke tingkat dekat dengan rata-rata dalam fase awal A atau jika sebuah kecenderungan yang jelas dalam kedua A fase di arah berlawanan dari fase B pertama. Gambar 5-7 tidak menunjukkan adanya hubungan fungsional.

Figure 5-6
Pembalikan desain grafik yang menunjukkan
hubungan fungsional antara variabel
Baseline.                      Intervensi,                   Baseline,                      Interevensi
   “A”,                              “B”,                            “A”,                               “B”
                                                                  •                                                              •

                                                            •                                                             •
                                                      •                                                              •
                                           •    •                              •                             •
                                        •                                             •                    
                                                                                             •
                •       •      •                                                                    •
            •       •

Sesi








Figure 5-6
Pembalikan desain grafik yang tidak menunjukkan
hubungan fungsional antara variabel
Baseline.                      Intervensi,                   Baseline,                      Interevensi
   “A”,                              “B”,                            “A”,                               “B”
                                                                          •                     •     •                  •     •
                                                                               •      •                          •
                                                                    •                                       •     
                                                              •                                                                              
                                                •    •                                                       
                                        •                                                                                            
                                                                                             
                •       •      •                                                                   
            •       •

Sesi
Cooper (1981, hal 117) menyatakan bahwa peneliti perlu tiga lembar bukti sebelum
mereka dapat mengatakan bahwa hubungan fungsional menunjukkan: (1) prediksi: pernyataan instruksional bahwa variabel independen tertentu akan mengubah variabel dependent-misalnya, penggunaan kontingen token untuk meningkatkan jumlah soal matematika Michael; (2) verifikasi prediksi: kenaikan (atau penurunan) dalam variabel dependen selama fase
intervensi pertama, dan kembali ke tingkat dasar perkiraan kinerja pada tahap kedua A; dan (3) replikasi berlaku: reintroduksi variabel independen selama fase B kedua menghasilkan lagi dalam perubahan yang diinginkan yang sama dalam perilaku.
Desain pembalikan adalah desain penelitian yang memungkinkan guru untuk mengasumsikan hubungan fungsional antara variabel independen dan dependen. Baseline kedua dan fase intervensi, dengan kondisi yang sama dengan yang pertama, memberikan kesempatan untuk replikasi dari efek intervensi terhadap perilaku sasaran. Hal ini tidak mungkin bahwa variabel pengganggu akan ada bersamaan dengan aplikasi berulang-ulang dan penarikan variabel independen. Bagaimanapun desain pembalikan, tidak selalu pilihan yang paling tepat. Desain pembalikan tidak boleh digunakan dalam kasus-kasus berikut:
1.      Ketika perilaku target adalah berbahaya, seperti perilaku agresif diarahkan kepada siswa lain atau perilaku yang merugikan diri sendiri. Karena desain pembalikan panggilan untuk kondisi baseline kedua dilakukan setelah perubahan perilaku sasaran, pertimbangan etis akan melarang menarik teknik intervensi sukses.
2.      Ketika perilaku sasaran tidak reversibel. Banyak teori perilaku, misalnya, tidak reversibel, karena perubahan perilaku berhubungan dengan proses belajar. Dalam kondisi seperti itu, kembali ke baseline kinerja tidak layak. Misalnya: Pengetahuan bahwa 4 x 3= 12,  tidak mungkin "salah belajar ."
Tampilan Grafis
Desain pembalikan menjelaskan untuk empat tahap yang berbeda pengumpulan data. Gambar 5-8 menggambarkan desain pembalikan dasar. (Perhatikan bahwa ABAB berasal dari label setiap periode dasar sebagai fasa A dan setiap periode intervensi sebagai fase B)
Variasi Desaign
Variasi dari desain pembalikan dapat ditemukan dalam literatur. Variasi pertama tidak
tidak melibatkan perubahan dalam struktur desain, tetapi hanya lebih pendek basis awal periode (A). Ini format desain sesuai ketika masa dasar panjang tidak etis, seperti ketika perilaku berbahaya, atau tidak meminta, seperti dalam kasus seorang mahasiswa yang tidak mampu melakukan perilaku target gelar apapun.
Sebuah variasi kedua dari desain pembalikan menghilangkan garis awal seluruhnya. Variasi BAB dianggap jika perilaku target jelas bukan dalam repertoar siswa. Ketika desain ini digunakan, hubungan fungsional antara variabel dependen dan independen dapat ditunjukkan hanya pada intervensi kedua (tahap B).
              “A”                       “B”                      “A”                           “B”
           Baseline              Intervention           Baseline                Intervention






 


Gambar format rancangan dasar pembalikan
Aplikasi dalam Penelitian
Para peneliti sering menggunakan desain ABAB. Levendoski dan Cartledge (2000) digunakan untuk menentukan efektivitas prosedur pemantauan diri pada tugas dan produktivitas akademik dengan siswa usia SD dengan gangguan emosionalnya. Keempat anak laki-laki diberi kartu pemantauan diri pada awal setiap periode matematika. Mereka diberitahu bahwa setiap kali mereka mendengar bel (setiap 10 menit), mereka harus "Tanyakan pada diri anda... Saya melakukan pekerjaan?" Mereka kemudian untuk menandai ya atau tidak pada kartu mereka.
Gambar diatas menunjukkan hasil intervensi untuk tugas salah satu anak laki-laki.  Selama kondisi baseline ketika kartu pemantauan diri tidak digunakan, rata-rata tugas 45%. Setelah intervensi di tempatnya, waktunya rata-rata tugas bertambah 93%. Selama tahap awal, di atas rata-rata tugas kembali ke 34% dan kemudian meningkat lagi dengan rata-rata 96%, selama reintroduksi kartu pemantauan diri. Pemeriksaan grafik dengan jelas menunjukkan bahwa ketika siswa menggunakan kartu pemantauan diri, waktunya pada tugas meningkat. Perhatikan bahwa fase satu dan dua yang ditiru oleh tahap tiga dan empat memungkinkan penentuan hubungan fungsional.
Umbreit, Lane, dan Dejud (2004) menggunakan rancangan ABAB untuk mengevaluasi dampak intervensi untuk peningkatan perilaku tugas seorang mahasiswa pendidikan umum kelas empat. Selama tugas, Jason termasuk berbicara dengan siswa lain, menendang kursi atau yang di depannya, atau berkeliaran di sekitar ruangan. Guru menetapkan bahwa perilaku ini terjadi ketika ia selesai penugasannya. Jason berkata ia selesai dengan cepat karena tugas adalah "hampir selalu terlalu mudah." Selama fase awal, Jason menerima mengerjakan matematika dan tugas membaca sebagai seluruh kelas. Selama fase intervensi, ia menerima tugas yang lebih menantang (tugas sekitar 2 minggu lebih lanjut sepanjang dalam kurikulum).
Kelebihan dan Kelemahan
Sebagai menunjukkan aplikasi sebelumnya, desain pembalikan menawarkan keuntungan kesederhanaan dan kontrol eksperimental. Ini menyediakan analisis tepat dari efek variabel bebas tunggal pada variabel dependen tunggal.
Kelemahan utama dari desain ini adalah kebutuhan untuk menarik intervensi yang efektif untuk menentukan apakah ada hubungan fungsional. Bahkan jika perilaku target tidak berbahaya atau tidak dapat diubah, guru seperti kelihatan bodoh atau tidak berhasil menarik intervensi.

8 comments: