Thursday, June 23, 2011

Teori Dan Pendekatan Naratif


A.              Sejarah
Naratif terapi  berasal dari Australia yang dikerjakan oleh Michel White dan David Epson (1990). White percaya bahwa hanya melalui pengetahuan orang bisa benar-benar menjadi penulis kehidupan mereka sendiri. Michael White adalah pasangan penemu dari naratife terapi yaitu David Epston, dia tinggal Dulwich Center di Adelaide, Australia. David Epston adalah salah satu pengembang dari  naratif therapi dia adalah assisten direktur di pusat terapi Aucland, New Zeland dan penulis serta pengajar dalam ide-ide narrative.Dia sering melakukan perjalanan internasional, penyaji kuliah dan lokakarya di Australia, Eropa dan Amerika utara.Diantara sekian banyak yang menarik dari profesinyaadalah bekerja dengan anak-anak penderita asma, membuat kelompok pendukung bagi wanita yang hidupnya terancam oleh anorexia dan menarik hati ayah yang tidak suka menjadi orang tua bagi anak-anaknya. Mengantarkan banyak Bukunya: Terapi Naratif untuk tujuan Mengobati (1990), Karangan kehidupan: wawancara and ujian tulis (1995), dan Narratif untuk terapi kehidupan (1997). DAVID EPSTON: Sebagai pembantu direktur pengembangan terapi Naratif dari pusat terapi keluarga di Auckland, Slandia baru, dan dia sebagai penulis dan guru dari ide-ide naratif, sebagai pelancong internasional, dosen pada pusat pelatihan di Australia, Eropa dan Amerika Utara. Profesional terhadap ancaman kehidupan anak-anak berpenyakit Asma, berjuang untuk kelompok wanita penyandang Anoreksia, dan melibatkan ayah yang dilepas oleh anak-anaknya. Penulis buku Makna Akhir Terapi Naratif (1990), Terapi Naratif untuk Anak dan Keluarga (1997). Suka bersepeda dan mencintai istrinya Anne di rumah pengasingan di sebuah pulau Waiheke.
B.  Konsep dasar
Terapi Naratif mengadopsi pendekatan yang melibatkan perubahan fokus dari teori paling tradisional. Terapis dianjurkan untuk membangun pendekatan kolaboratif dengan minat khusus pada klien dengan mendengarkan cerita-cerita; untuk mencari tahu dalam kehidupan klien           ( mis.tinggal alternatif cerita): menggunakan pertanyaan sebagai cara untuk melibatkan klien dan memfasilitasi mereka eksplorasi, untuk menghindari diagnosis dan pelabelan klien atau menerima sepenuhnya berdasarkan deskripsi masalah; untuk membantu klien dalam pemetaan  pengaruh masalah yang dimiliki dalam kehidupan mareka; dan untuk membantu klien memisahkan diri dari cerita-cerita yang dominan yang telah diinternalisasi sehingga hati/ pikiran yang sering kali disebut sebagai ruang dapat dibuka untuk menciptakan kisah kehidupan alternatif(Freddman&Combs, 1996).
Ø  Peran Stories
Kita hidup dengan cerita yang kita ceritakan tentang diri kita dan orang lain katakan tentang kita.Cerita ini sebenarnya membentuk realitas yang dalam, bahwa mereka membangun dan membentuk apa yang kita lihat, rasakan dan lakukan. Cerita kita hidup dan tumbuh dari percakapan dalam konteks sosial dan budaya. Tetapi klien tidak mempunyai  peran patologis, korban yang hidup tanpa harapan dan meyedihkan, melainkan mereka muncul sebagai pemenang yang berani menceritakan kisah-kisah nyata. Cerita tidak mengubah orang yang mengatakan cerita, tetapi juga mengubah terapis yang beruntung menjadi bagian dari proses ini( Monk, 1997).
Ø  Mendengarkan dengan  an open mind
Semua teori kontruksionis sosial menekankan pada klien untuk mendengarkan tanpa menghakimi atau menyalahkan , menegaskan dan menghargai mereka. Lindsley (1994) menekankan bahwa terapis dapat mendorong klien untuk mempertimbangkan kembali peniaian absolut yang bergerkak ke arah melihat keduanya “baik” dan “buruk”unsur-unsur dalam situasi. Terapis Naratif melakukan upaya tanpa memaksakan sistem nilai mereka dan interpretasi.Mereka ingin menciptakan makna dan kemungkinan-kemungkinan baru klien yang berbagi cerita bukan dari prasangka dan pada akhirnya sebuah teori dan nilai penting dipaksakan.Walaupun terapis Naratif membawa kepada usaha terapis tentang  sikap tertentu seperti: optimisme, hormat, keingintahuan, ketekunan, dan menghargai klien untuk mengetahui, mereka dapat mendengarkan masalah-kisah kejenuhan klien tanpa terjebak. Sebagai terapis Naratif, dalam mendengarkan cerita klien, mereka tetap waspada untuk rincian yang memberikan bukti  dari kompetensi klien dalam melawan masalah yang menindas.


C.    Hakekat Manusia
Berdasarkan konsep perilaku manusia, prinsip kerja konseling berdasarkan konseling naratif ini didasarkan atas asumsi sebagai barikut:
1.      Perspektif Naratif berfokus pada kemampuan manusia untuk berpikir kreatif dan imajinatif. Praktisi Naratif tidak pernah menganggap bahwa ia tahu lebih banyak tentang kehidupan klien daripada yang mereka lakukan.
2.      Klien adalah penafsir utama pengalaman mereka sendiri.
3.      Praktisi Naratif dilihat  orang  sebagai agen aktif yang mampu memperoleh makna keluar dari dunia pengalaman mereka. Dengan demikian, proses          perubahan dapat difasilitasi, tetapi tidak diarahkan oleh terapis.

D.    Kondisi pengubahan

1.      Tujuan konseling

Tujuan umum terapi naratif adalah mengundang orang untuk menggambarkan pengalaman mereka yang baru dan segar. Dalam melakukan ini, mereka membuka pandangan baru dari apa yang mungkin. Bahasa yang baru ini memungkinkan klien untuk mengembangkan makna-makna baru sehubugan dengan masalah pikiran,perasaan dan perilaku (Freedman & Combs,1996).Terapi Naratif hampir selalu mencakup kesadaran akan dampak dari berbagai aspek kebudayaan yang dominan pada kehidupan manusia. Praktisi Naratif berusaha untuk memperluas perspektif dan fokus dan memfasilitasi penemuan atau penciptaan pilihan baru yang unik bagi orang-orang yang mereka lihat.

2.      Fungsi dan Peran Terapis

Konsep perawatan,hormat, rasa ingin tahu, keterbukaan, empati, kontak dan bahkan terpesona dipandang sebagai keharusan relasional.Yang tidak mengetahui posisi, yang memungkinkan terapis untuk mengikuti, menegaskan, dan dibimbing oleh cerita-cerita dari klien mereka, menciptakan pengamat dan peserta-proses-peran fasilitator untuk terapi dan terintegrasi dengan pandangan postmodern penyelidikan manusia. Sebuah tugas utama terapis adalah membantu klien membangun alur cerita pilihan.Terapis Naratif mengadopsi sikap hormat dicirikan rasa ingin tahu dan bekerja dengan klien untuk menjelaskan kedua dampak dari masalah mereka dan apa yang mereka lakukan untuk mengurangi efek dari masalah (Winslade & Monk,1999).Salah satu fungsi terapis adalah menanyakan pertanyaan-pertanyaan dari klien dan berdasarkan pada jawaban, menghasilikan pertanyaan lebih lanjut.
White dan Epston(1990)mulai dengan eksplorasi klien dalam hubungannya dengan masalah yang diajukan. Hal ini tidak biasa bagi klien untuk menampilkan cerita awal di mana mereka dan masalah yang melebur, seolah-olah satu dan sama.White menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk memisahkan masalah dari orang yang terkena masalah. Pergeseran dalam bahasa memulai dekonstruksi dari cerita asli di mana orang-orang dan masalah yang menyatu , sekarang masalahnya adalah objektifikasi sebagai eksternal bagi mereka.
Seperti solusi yang berfokus pada terapis, terapis Naratif menganggap klien adalah ahli ketika datang ke apa yang ia inginkan dalam hidup. Terapis Naratif cenderung untuk menghindari penggunaan bahasa yang mengaktifkan diagnosis,penilaian dan intervensi. Fungsi-fungsi seperti diagnosis, penialian dan intervensi sering memberikan prioritas kepada dokter itu “kebenaran’ atas pengetahuan klien tentang kehidupan mereka sendiri. Pendekatan Naratif memberikan penenkanan pada pemahaman klkien, pemahaman hidup, dan menekankan kembali upaya untuk meramalkan, menafsirkan,dan patologis. Praktisi Naratif tidak berhati-hati unutuk menyatakan bahwa peran utama mengambil inisiatif dalam kehidupan orang lain atau bahkan merebut (kekuasaan) dari klien dalam membawa perubahan (Winslade, Crocket,&Monk,1997).

Hubungan Terapis dengan Klien

Kualitas seorang terapis sangat penting untuk membawa ke arah usaha terapi. Beberapa di antaranya mencakup sikap optimisme dan rasa hormat,keingintahuan dan ketekunan, menghargai pengetahuan klien dan menciptakan hubungan khusus yang ditandai dengan pembagian kekuasaan yang nyata dalam dialog( Winslade & Monk,1999). Kolaborasi,belas-kasih refleksi, dan penemuan adalah ciri hubungan yang terapeutik
Jika hubngan ini tidak benar-benar kolaboratif, terapis harus menyadari bagaimana kekuasaan memanifestasikan dirinya dalam praktek profesional. Ini tidak berarti bahwa terapis tidak otoritas sebagai seorang profesional. Dia menggunakan otoritas ini, walaupun dengan memperlakukan klien sebagai ahli dalam kehidupan mereka sendiri.
Winslade, Crocket, & Monk (1997) menjelaskan kerja sama ini sebagai coauthoring berbagi otoritas. Klien berfungsi sebagai penulis ketika mereka memiliki otoritas untuk berbicara atas nama mereka sendiri.Dalam pendekatan Naratif, “ terapis –as- ahli”  digantikan oleh “klien- as - ahli.”

Proses Terapi

Ini gambaran singkat tentang langkah-langkah dalam proses terapi Naratif menggambarkan struktur pendekatan Naratif (O’Hanlon,1994,hlm.25-26):
-          Berkolaborasi dengan klien untuk datang  dengan nama yang saling diterima untuk masalah.
-          Mempribadikan masalah dan atribut niat menindas dan taktik untuk itu.
-          Menyelidiki bagaimana masalah telah mengganggu , mendominasi, atau mengecilkan hati klien.
-          Mengundang klien untuk melihat atau menceritakannya dari perspektif yang berbeda dengan menawarkan makna alternatif
-          Temukan  saat mengasah klien tidak didominasi atau berkecil hati oleh masalah dengan mencari masalah pengecualian.
-          Menemukan bukti-bukti sejarah untuk mendukung pandangan baru klien yang cukup kompeten untuk mampu berdiri, kalah, atau melarikan diri dari dominasi atau penindasan masalah.(dalam tahap ini identitas orang dan kisah kehidupan mulai dapat ditulis ulang).
-          Meminta klien untuk berspekulasi mengenai masa depan apa yang diharapkan. Sebagian klien menjadi bebas dari masalah-jenuh akan cerita masa lalu, ia dapat membayangkan dan merencanakan masa depan yang tidak terlalu bermasalah.
-          Menemukan atau membuat penonton untuk memahami dan mendukung cerita baru.Tidaklah cukup untuk membacakan cerita baru.Klien perlu hidup dengan ceria baru di luar terapi.Karena masalah tersebut awalnya dikembangkan untuk konteks sosial, adalah penting untuk melibatkan lingkungan sosial dalam mendukung kisah kehidupan baru yang telah muncul dalam percakapan dengan terapis.

Prosedur dan Tehnik Terapi

Penerapan efektif terapi Naratif lebih begantung pada sikap atau perspektif terapis daripada tehnik. Dalam praktek terapi Naratif ,tidak ada resep, tidak ada penetapan agenda, tidak ada formula yang dapat diikuti terapis untuk menetapkan hasil yang positip (Drewery&Winslade,1997).Ketika pertanyaan eksternalisasi diajukan terutama sebagai suatu tekni, intervensi akan menjadi dangkal, dipaksa, dan tidak mungkin menghasilkan efek terapeutik yang signifikan (Freedman &Combs, 1996; O^Hanlon, 1994). Jika konseling dilakukan demgan menggunakan pendekatan formuls, klien akan merasa bahwa segala sesuatu di lakukan terhadap mereka dan merasa ditinggalkan dalam percakapan (Monk, 1997).
Sebagai suatu pendekatan, konseling Naratif lebih dari penerapan keterampilan; itu didasarkan pada karakteristik pribadi terapis yang menciptakan iklim yang mendorong klien untuk melihat kisah-kisah mereka dari berbagai perspektif. Pendekatan ini juga merupakan ekspresi sikap etis, yang didasarkan kerangka filosofis. Kerangka konseptualnya adalah praktek-pratek yang diterapkan untuk membantu klien dalan menemukan makna-makna baru dan kemungkinan-kemungkinan baru dalam hidup mereka(Winslade & Monk,1999).
-          Pertanyaan-Pertanyaan dan Lebih
Pertanyaan terapis mungkin tampak tertanam dalam percakapan yang unik, bagian dari      sebuah dialog tentang dialog sebelumnya, sebuah peristiwa penemuan yang unik, atau       proses eksplorasi budaya dominan dan keharusan.Apapun tujuannya, pertanyaan      yang   sering merupakan lingkaran atau relasional, dan mereka berusaha untuk memberdayakan            klien dalam cara-cara baru.Gregory Batesons (1972) menggunakan ungkapan terkenal,             pertanyaan-pertanyaan dalam mencari perbedaan yang akan membuat perbedaan.Bateson berpendapat bahwa kita belajar dengan membandingkan suatu fenomena dengan yang   lain dan menemukan apa yang disebutnya “berita perbedaan”
Terapis Naratif menggunakan pertanyaan sebagai suatu cara untuk menghasilkan    pengalaman daripada mengumpukan informasi.Tujuan pertanyaan ini adalah untuk           menemukan dan membangun pengalaman klien sehingga terapis memiliki arah untuk mengejar. Pertanyaan selalu bertanya dari posisi hormat, keingintahuan, dan             keterbukaan.
Terapis menggunakan pendekatan Naratif ingin mendekonstruksi wacana yang mendukung keberadaan masalah. Melalui pengajuan pertanyaan terapis memberikan kesempatan klien untuk mengeksplorasi berbagai dimensi situasi kehidupan mereka. Melakukan hal ini membantu membawa keluar unstated asumsi-asumsi budaya yang memberikan sumbangan kepada perkembangan  masalah. Terapis tertarik untuk mengetahui bagaimana masalah terlerbih  dahulu menjadi jelas, dan bagaimana mereka mempengaruhi pandangan klien sendiri (Monk,1997).Terapis Naratif berusaha melibatkan orang-orang dalam masalah –jenuh mendekonstruksi cerita, mengidentifikasi arah pilihan dan menciptakan cerita alternatif yang mendukung arah pilihan ini (Freedman&Combs,1996).
            Ekternalisasi dan dekonstruksi Naratif berbeda dari banyak terapis tradisional,dia percaya bukan orang yang bermasalah, tetapi masalah adalah masalah.Hidup dalam kehidupan berarti berkaitan dengan masalah, tidak menyatu  dengan mereka. Masalah-masalah dan cerita-cerita jenuh memiliki dampak pada masyarakat dan dapat mendomonasi hidup dalam cara-cara yang negatif.Asumsi tentang masalah yang diterima secara tidak kritis membatasi kesempatan klien dan terapis untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru untuk perubahan (McKenzie&Monk,1997).Terapis Naratif membantu klien mendekonstruksi cerita masalah dengan pembongkaran dan memberikan asumsi tentang sebuah peristiwa, yang kemudian membuka kemungkinan alternatif untuk hidup (Bertolino& O^Hanlon,2002;Winslade & Monk, 1999).
            Eksternalisasi merupakan salah satu proses dekonstruksi kekuatan sebuah narasi dan memisahkan orang dari mengidentifikasikan masalah dan kadang-kadang memberinya nama. Ketika orang memandang diri mereka “menjadi” masalah, mereka terbatas dalam cara merekadapat secara efektif menangani masalah. Dampak dari pergeseran bahasa halus ini memungkinkan klien untuk mengalami masalah seperti yang terletak di luar diri mereka.Alih-alih menjadi masalah, individu memiliki  hubungan dengan masalah .
            Kebanyakan klien mungkin tidak mengidentifikasi efek keseluruhan cerita masalah, mungkin karena mereka takut kewalahan dengan kesulitan mereka.Metode yang digunakan untuk memisahkan orang dari masalah ini disebut sebagai percakapan eksternalisasi.Percakapan  eksternalisasi melawan penindas, masalah-cerita jenuh, dan memberdayakan klien untuk merasa kompeten dalam menangani masalah-masalah yang mereka hadapi. Dua cara untuk penataan  percakapan eksternalisasi adalah :(1) untuk memetakan pengaruh masalah dalam kehidupan seseorang dan (2) untuk memetakan pengaruh kehidupan seseorang dalam perkembangan masalah (McKenzie&Monk,1997). Pemetaan pengaruh masalah  menghasilkan  banyak informasi yang berguna dan sering mengakibatkan orang-orang kurang merasa malu dan menyalahkan.Orang merasa didengarkan dan dipahami  ketika pengaruh masalah dieksplorasi secara sistematis. Ketika pemetaan ini dilakukan  dengan hati-hati,  itu meletakkan dasar untuk co-authoring  alur cerita baru untuk klien.Sebuah pertanyaan umum adalah : “Kapan masalah ini pertama kali muncul dalam hidup Anda?”Tugas terapis adalah membantu klien dalam menelusuri masalah dari ketika itu berasal hingga saat ini.Terapis meletakkan masa depan masalah dengan bertanya,”Jika masalah itu akan berlanjut selama satu bulan (atau setiap periode waktu), apakah artinya ini bagi anda?”Pertanyaan ini dapat memotivasi klien untuk bergabung  dengan terapis dalam memerangi dampak efek masalah.

-          Pencarian Hasil yang Unik
Dalam pendekatan Naratif pertanyaan eksternalisasi adalah pertanyaan  yang diikuti dengan hasil yang unik. Terapis berbicara kepada klien tentang  saat-saat pilihan atau kesuksesan mengenai masalah. Apakah ini dilakukan dengan memilih untuk perhatian setiap pengalaman yang terpisah dari cerita masalah, terlepas bagaimana hal itu mungkin tampak tidak penting bagi      klien.Terapis mungkin bertanya:”Apakah pernah ada waktu dimana kemarahan ingin membawa Anda selesai, dan Anda melawan? Apa itu seperti Anda? Bagaimana kau melakukannya?”      Pertanyaan-pertanyaan ini ditujukan untuk menyoroti masalah saat-saat ketika tidak terjadi      atau ketika masalah telah ditangani dengan sukses.Hasil unik sering bisa ditemukan di masa lalu        atau masa kini, tetapi mereka juga dapat membuat hipotesis untuk masa depan.
-          Cerita Alternatif dan  Re-authoring
Membangun cerita baru berlangsung sejalan dengan dekonstruksi, dan terapis naratif         terbuka untuk mendegarkan cerita-cerita baru. Orang dapat terus-menerus dan secara        aktif menulis kembali kehidupan mereka, dan terapis Naratif mengundang klien ke       penulis stonier alternatif, melalui” hasil unik”atau sesuatu yang tidak diprediksi oleh            masalah-cerita jenuh.
            Sebuah titik balik wawancara naratif datang ketika klien membuat pilihan apakah akan      terus hidup dengan masalah kisah jenuh atau membuat cerita       alternatif(Winslade&Monk,1999). Melalui penggunaan kemungkinan pertanyaan unik,          terapis bergerak  fokus ke masa depan.Sebagai contoh: “Mengingat apa yang telah Anda             pelajari tentang diri Anda, apa langkah berikutnya yang mungkin Anda ambil? Ketika       Anda bertindak dari identitas pilihan Anda, tindakan  apa yang mengarahkan Anda untuk   berbuat lebih banyak ?”Pertanyaan  seperti itu mendorong orang untuk merenungkan apa            yang telah mereka capai saat ini dan apa langkah berikutnya yang mungkin.
            Narasi mendokumentasikan bukti, praktisi percaya bahwa cerita-cerita baru berarti hanya   ketika ada penonton untuk menghargai dan mendukung mereka. Dengan demikian      penonton yang apresiasif terhadap perkembangan baru secara sadar mencari, untuk        mendapatkan berita bahwa perubahan berlangsung perlu terjadi jika cerita alternatif  tetap       hidup(Andrews&Clark,1996).
            Salah satu tehnik untuk  mengkonsolidasi keuntungan  klien adalah dengan menulis surat.             Narasi surat ditulis oleh para terapis untuk mencatat sesi dan mencakup sebuah deskripsi           eksternalisasi masalah dan pengaruhnya terhadap klien serta memperhitungkan kekuatan          dan kemampuan yang diidentifikasi dalam satu sesi.Surat menyoroti perjuangan klien            memiliki masalah dan menarik perbedaan antara masalah-cerita jenuh dan      mengembangkan cerita dan pilihan baru(McKenzie&Monk,1997). Busur surat-surat ini      seringdikirimkan kepada klien antara sesi (Andrews, Clark, &Baird, 1997).
            Epston telah mengembangkan fasilitas khusus untuk membawa pada dialog antara sesi      terapi melalui penggunaan huruf (White & Epston,1990).
            David Nylund, pekerja sosial klinis, menggunakan huruf narasi sebagai bagian dasar dari   praktek. Nylund menggambarkan kerangka kerja konseptualnya  yang telah berguna             dalam penataan surat kepada klien (Nylund&Thomas,1994)



Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan:
1.      Memiliki nilai
2.      Mendapatkan solution yang lebih cepat
3.      Lebih fleksibel dan dapat dikombinasikan dengan pendekatan pengobatan lain yang kompatibel
4.      Bisa diterapkan di segala jenjang umur dan status social
5.      Cerita dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, berbentuk sepanjang jalan, dan diberikan kepada orang sebagai warisan dari keluarga mereka.
6.      Bisa berbagi perasaan dengan orang lain.
7.      Mengembangkan hubungan yang dekat
8.      memungkinkan orang untuk mengenali kemampuan
9.      partisipatif"

Kekurangan:
1.      Cerita bisa dibuat-buat
2.       Membutuhakan waktu yang panjang

Example narrative therapy atau cerita narrative seperti:
1.      Cerita bawang putih bawang merah
2.      Cerita si kelinsi dan si kura-kura
3.      Cerita si Malin Kundang
4.      Cerita Cinderrella
5.      Cerita Snow White
6.      Banyak cerita –cerita naratif digunakan untuk terapi kesehatan (tearpi bantu kanker,fisioterapi dll),dan pengadilan





Contoh alur cerita narrative terapi
SNOW WHITE
Pada suatu daerah ada seorang yang bernama Snow White. Dia tinggal bersama bibi dan pamannya karena orang tuanya meninggal dunia.
Suatu hari ia mendengar bibi dan pamannya berbicara tentang meninggalkan Snow White dalam benteng karena mereka ingin pergi ke Amerika dan mereka tidak punya cukup uang untuk membawa Snow White dengan mereka.Snow White tidak ingin paman dan bibinya untuk melakukan hal ini. Jadi, dia memutuskan untuk melarikan diri. Keesokan paginya dia lari dari rumah ketika bibi dan pamannya sarapan, ia melarikan diri ke dalam kayu.
Dalam kayu ia merasa sangat lelah dan lapar. Kemudian ia melihat pondok ini. Dia mengetuk tapi tidak ada yang menjawab sehingga dia masuk ke dalam dan merasa tertidur
Sementara tujuh kurcaci yang pulang dari kerja. Mereka masuk ke dalam. Di sana, mereka menemukan Snow White terbangun. Dia melihat kurcaci. Para kurcaci berkata: "Siapa nama Anda?". Snow White mengatakan, "Nama saya Snow White". Salah satu kurcaci berkata: "Jika Anda ingin, Anda dapat tinggal di sini bersama kami". Snow White menceritakan seluruh kisah tentang dia. Maka hidup bahagialah Snow white dengan  tujuh kurcaci selamanya.
Analisis Struktur
1. Orientasi; memperkenalkan peserta ; Snow White
2. Komplikasi; mengungkapkan serangkaian krisis: Snow White bibi dan paman akan meninggalkan di sebuah benteng, Snow White melarikan diri, Snow White merasa lapar di hutan.
3. Resolusi; adalah menyelesaikan: Snow White diizinkan tinggal di pondok

CINDERELLA
Suatu ketika, ada seorang gadis muda bernama Cinderella. Dia tinggal bersama ibu tiri dan dua saudara perempuan.Para ibu tiri dan saudara perempuan adalah sombong dan buruk temperamennya. Mereka memperlakukan Cinderella sangat buruk. Ibu tiri nya membuat Cinderella melakukan pekerjaan paling sulit di rumah, seperti menggosok lantai, membersihkan pot dan panci dan menyiapkan makanan untuk keluarga. Kedua saudarinya tidak pernah membantu pekerjaan rumah. Ibu mereka memberi mereka pakaian tanpa banyak dipakai.Suatu hari, adiknya kedua menerima undangan untuk pesta bola bahwa anak raja akan memberikan di istana. Mereka gembira tentang hal ini dan menghabiskan begitu banyak waktu memilih gaun yang akan mereka kenakan. Akhirnya, hari bola datang, dan mereka pergi  untuk itu. Cinderella tidak bisa pergi menangis setelah mereka pergi.
"Mengapa menangis, Cinderella?" tanya suara. Dia mendongak dan melihat ibu baptis peri berdiri di sampingnya, "karena aku ingin sekali pergi ke pesta bola" kata Cinderella. "Nah" kata ibu baptis, "Anda telah begitu ceria, pekerja keras, gadis tak mengeluh bahwa saya akan melihat bahwa anda pergi ke pesta bola".Ajaib, ibu peri yang mengubah labu menjadi seorang pelatih bagus dan tikus menjadi kusir dan dua pasukan berjalan kaki. Ibu peri membuat gaun Cinderella's dengan tongkatnya, dan itu menjadi sebuah gaun pesta yang indah. Lalu ia memberinya sepasang sandal kaca cantik. "Sekarang, Cinderella", katanya, "Anda harus meninggalkan sebelum tengah malam". Lalu pergi dia melaju di pesta bola yang indah.Cinderella mengalami waktu yang sangat baik. Dia menari lagi dan lagi dengan putra raja. Tiba-tiba jam mulai menyerang dua belas, ia berlari menuju pintu secepat dia bisa. Terburu-buru dia, salah satu sepatu kaca-nya tertinggal.Beberapa hari kemudian, putra raja mengumumkan bahwa dia akan menikahi gadis yang kakinya pas dengan sepatu kaca. Kedua saudaran nya mencoba sepatu tapi itu terlalu kecil bagi mereka, tidak peduli seberapa keras mereka meremas jari mereka ke dalamnya. Pada akhirnya, halaman raja membiarkan Cinderella mencoba sepatu tersebut. Dia menjulurkan kakinya dan Ini pas dengan sempurna.Akhirnya, ia diantarkan ke istana. Putra raja sangat gembira melihatnya lagi. Mereka menikah dan hidup bahagia .
Catatan tentang Struktur Generik Teks Narasi
Orientasi: artinya untuk memperkenalkan para peserta atau karakter cerita dengan waktu dan tempat yang ditetapkan. Orientasi benar-benar ada di setiap jenis teks walaupun memiliki istilah yang berbeda. Dalam cerita ini, paragraf pertama adalah jelas terlihat untuk memperkenalkan peserta Cinderella Story. Mereka Cinderella dia sendiri sebagai karakter utama cerita, langkah ibunya yang Cinderella diperlakukan buruk, dan kakak langkahnya yang didukung ibunya untuk membuat Cinderella diperlakukan dengan sangat buruk. Cinderella diperkenalkan sebagai pahlawan dalam kisah ini. Dia berjuang melawan perlakuan buruk dari ibu tiri dan saudara.
Komplikasi: itu adalah seperti krisis dari cerita. Jika tidak ada krisis, cerita bukan teks naratif. Dalam sebuah cerita panjang, komplikasi muncul dalam beberapa situasi. Ini berarti bahwa beberapa waktu ada lebih dari satu komplikasi..
Paragraf kedua adalah komplikasi utama dari kisah Cinderella. Cinderella mendapatkan perlakuan buruk dari ibu tirinya. Ini adalah krisis buruk yang drive ke beberapa minor komplikasi yang Cinderella harus diatasi.
Resolusi: ini adalah seri terakhir dari peristiwa yang terjadi dalam cerita. Resolusi bisa baik atau buruk. Intinya adalah bahwa hal itu telah dicapai oleh karakter. Dalam paragraf terakhir, dikatakan bahwa akhirnya Cinderella hidup bahagia. Ini adalah resolusi bahagia perlakuan buruk.
























           



Daftar Pustaka
Capuzzi, D. & Gross, D.R. 2007. Counseling & Psychotherapy: Theories and Intervention. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice-Hall

McLeod, John. 2010. Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana

Seligman, L. 2006. Theories of Counseling and Psycotherapy. Colombus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Sharf, Richard S. 2004. Theories of  Psychotherapy and Counseling. Columbus, Ohio: Pearson Merril Prentice Hall.

3 comments:

  1. saya sangat tertarik dengan terapi naratif ini, kira2 bisakah saya bertemu dengan bapak? kebetulan saya sekarang sedang menulis thesys tentang terapi naratif. terima kasih

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kembali...
    Dalam rangka penulisan tesis, coba berkonsultasi dengan dosen Pembimbing saja... Namun, kalau mau berdiskusi seputar terapi naratif, saya sangat bersedia....

    ReplyDelete
  3. mau banget pak untuk diskusi terapi naratifnya. soalnya saya masih agak awam mengenai terapi naratif. ada gk psikolog di indonesia yg memang sehari-harinya bergelut dengan terapi naratif? kalau bisa sih di jkarta jadi saya bisa nanya2 lebih jauh. makasih pak

    ReplyDelete