Tuesday, January 11, 2011

# Rancangan Layanan Bimbingan dan Konseling Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Emosi Siswa #


BAB I
PENDAHULUAN


A.           Latar Belakang

Individu diharapkan mampu menyesuaikan diri dimanapun mereka berada. Penyesuaian diri individu tidak hanya pada diri sendiri tetapi juga dalam berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhdapa keberhasilan penyesuaian diri individu adalah bagaimana individu tersebut dapat mengelola emosi pada dirinya sendiri dan saat berinteraksi dengan orang lain.
Salovey dan mayer berpendapat bahwa anak yang dapat mengatur emosinya dapat disebut memiliki keterampilan mengelola emosi, maka dia akan lebih produktif dari pada anak yang kurang memiliki keterampilan mengelola emosinya. Ia akan lebih mudah berkonsentrasi, berpikir logis, mampu memotivasi dirinya untuk fokus pada aktivitas yang konstruktif dan membina hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar.
Keterampilan pengelolaan emosi disebut juga sebagai salah satu kebutuhan siswa SMA. Dengan mempertimbangkan berbagai hal di atas, maka keterampilan mengelola emosi termasuk pada kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan ini dirancang dalam kerangka empat bidang bimbingan yang disusun dalam program bimbingan dan konseling sebagai acuan pelaksanaan layanan dan kegiatan pendukungnya.
Bimbingan konseling adalah pelayanan bantuan psiko pendidikan dalam bingkaii budaya untuk siswa baik secara perorangan atua kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal. Mengingat bahwa siswa usia SMA adalah masa remaja di mana ciri utama dari masa remaja adalah meningginya emosi (Hurlock, 1980: 207). Gardner menyebutkan bahwa masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Selama masa transisi ini remaja diperhadapkan dengan berbagai problematik yang dapat menimbulkan krisis identitas dan ketidakstabilan emosi. Salah satu teknik bimbingan dan konseling adalah sosiodrama. Sosiodrama merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat dikembangkan secara menarik untuk diterapkan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
Berdasarkan berbagai alasan diatas maka diperlukan sebuah layanan yang efektif guna memenuhi kebutuhan siswa SMA yaitu meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi. Mengingat pentingnya pemenuhian kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMA dan mempertimbangkan teknik sosiodrama dalam bimbingan dan konseling yang dapat dikembangkan sebagai teknik untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi siswa SMA, maka disusunlah rancangan pelaksanaan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi siswa SMA.


B.            Pengertian Sosiodrama

Sosiodrama merupakan teknik permainan peran (role playing) yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antara manusia. Teknik ini dapat digunakan konselor untuk melatih keterampilan-keterampilan hidup, salah satunya adalah keterampilan mengelola emosi kepada siswa dengan cara membimbing siswa untuk mempraktekan peristiwa-peristiwa dalam hubungan sosial yang dikeams dalam bentuk pelaksanaan sosiodrama.
Dengan mempraktekan peristiwa-peristiwa dalam hubungan sosial secara langsung, diharapkan siswa dapat meningkatakn keterampilan mengelola emosi dan dapat mengubah perilakunya menjadi lebih baik seperti: siswa dapat memahami berbagai jenis emosi serta mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosi menjadi tingkahlaku yang efektif untuk diri sendiri dan orang lain.




C.           Tujuan
Tujuan dari rancangan layanan bimbingan konseling melalui permainan sosiodrama adalah sebagai berikut:
1.             Tujuan umum
Siswa mampu mengingkatkan keterampilan pengelolaan emosi melalui  teknik sosiodrama
2.             Tujuan khusus
a)             Siswa mampu mengenali macam-macam emosi
b)            Siswa mampu mengendalikan macam-macam emosi
c)             Siswa mengekspreikan emosi ke tingkah laku yang efektif untuk diri sendiri dan orang lain.
 

BAB II
RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING


A.           Prosedur Pelaksanaan Sosiodrama

Prosedur pelaksanaan sosiodrama memiliki urutan langkah pelaksanaan sebagai berikut:
1.             Perencanaan
Pada tahap perencanaan konselor menyusun dan menyiapkan sejumlah permasalahan yang merupakan kebutuhan-kebutuhan siswa SMA. Khususnya untuk sosidrama dengan topik mengelola emosi. Dalam mengembangkan sebuah cerita konselor harus menggunakan tahap pengembangan alur cerita yang meliputi eksposisi, konflik, komplikasi, klimaks dan solusi.
2.             Pelaksanaan
Pada tahap pelaksanaan, ada tiga kegiatan yaitu pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Setiap kegiatan tersebut secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut
a)             Pembukaan (10 menit)
Konselor menyampaikan pengantar, tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan, dan memberikan motivasi kepada para siswa mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga kegiatan dapat berjalan secara maksimal. Pada awalnya konselor membagi kelompok ke dalam empat bagian. Kemudian konselor menyampaikan satu jenis masalah yang sudah diuraikan dalam bentuk garis beser cerita, yang mewakili lima langkah alur pengembangan di atas. Siswa diharapkan dapat mempraktekkan keseluruhan adegan yang sudah disiapkan dan diatur dari lima alur tersebut menjadi lima rincian adegan.

b)            Kegiatan Inti (20 menit)
Kelompok yang akan bermain peran (role playing) diberikan kesempatan utnuk mempersiapkan diri di luar tempat sosiodrama. Disamping itu konselor menjelaskan kepada siswa yang bertugas menjadi penonton untuk mengobservasi jalannya permainan sosiodrama dengan memberikan lebar observasi sebagai panduan dalam mengobservasi jalannya sosiodrama dan sebagai bahan diskusi dan evaluasi.
Salah satu pemain dari kelompok yang bertugas menjadi pemain membacakan tokoh-tokoh yang akan berperan serta karakternya. Kemudian kelompok pemain memulai pemain sosiodrama. Masing-masing pemain memerankan perannya berdasarkan imajinasinya tentang peran yang dimainkannya. Pemain diharapkan dapat memperagakan konflik, mengekpresikan perasaan, dan memperagakan sikap-sikap tertentu sesuai dengan peranan yang dimainakan.
c)             Penutupan (15 menit)
Setelah selesai sosiodrama dilaksanakan, konselor menutup sosiodrama dan memberikan motivasi atau reward secara lisan, kemudian mengkondisikan siswa untuk ke tahap berikutnya yaitu diskusi. Tujuannya adalah untuk pemantapan siswa pada hasil belajarnya. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mengacu pada lembar observasi yang telah dibagikan konselor pada siswa-siswa yang bertugas sebagai observer.

3.             Evaluasi (15 menit)
Setelah selesai permainan diadakan diskusi mengenai pelaksanaan permainan berdasarkan hasil observasi dan tanggapan-tanggapan penonton ataupun tanggapan dari para pemain. Pertanyaan-pertanyaan dalam evaluasi dan diskusi untuk topik ini adalah sebagai berikut:
ü   Bagaimana perasaan anda ketika menonton sosiodrama ini ?
ü   Bagaimana tahap dalam pelaksanaan sosiodrama, apakah sudah meliputi dari 5 tahap yaitu eksposisi, konflik, komplikasi, klimaks dan solusi ?
ü   Apakah semua tokoh dalam permainan sosiodrama sudah sesuai dengan karakter yang telah ditentukan?
ü   Menurut anda bagaimana solusi yang dimunculkan dalam pelaksanaan sosiodrama? Kemukakan pendapat anda.
ü   Menurut anda tingkah laku mana yang perlu ditiru dan tidak perlu ditiru, mengapa?


B.            Peran Konselor

Konselor memiliki peran yang sangat penting pada pelaksanaan sosiodrama dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Peran konselor antara lain:
1.             Sebagai fasilitator
Memfasilitasi siswa dalam hal penyediaan permasalahan yang akan diangkat dan dikembangkan solusi pemecahannya dalam permaianan sosiodrama.
2.             Sebagai motivator
Konselor memotivasi dan mengkondisikan siswa utnuk melaksanakan sosiodrama ini, sehingga dapat tercapai tujuan dengan maksimal. Memberikan reward kepada siswa, disetiap kesemapatan saat siswa menunjukan perilaku yang sesuai dengan tujuan pelaksanaan sosiodrama.
3.             Sebagai koordinator
Konselor memimpin siswa mulai dari tahap persiapan hingga tahap evaluasi. Menyampaikan permasalahan yang akan dimainkan dan membantu siswa mempersiapkan sosiodrama, serta memimpin jalannya diskusi.

C.           Peran Siswa

Siswa dalam pelaksanaan sosiodrama dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pemain dan kelompok penonton. Pembagian dua kelompok ini dapat dilakukan dengan sukarela ataupun penunjukan.
1.             Tugas dari kelompok pemain adalah memainkan peran sesuai dengan naskah atau skenario sosiodrama yang telah disusun. Memerankan setiap adegan dengan dialog yang tidak disusun sebelumnya atau dialog dalam sosiodrama dimunculkan secara spontan oleh para pemegang peran.
2.             Tugas dari kelompok penonton adalah mengobservasi pelaksanaan permaina. Hasil observasi kelompok penonton merupakan bahan diskusi setelah permaian selesai.



BAB III
PENGEMBANGAN SKENARIO SOSIODRAMA


A.           Skenario Sosiodrama

1.             Topik                                : Keterampilan Mengelola Emosi
2.             Bidang Bimbingan           : Pribadi Dan Sosial
3.             Jenis Layanan                   : Bimbingan Kelompok
4.             Fungsi Layanan                : Pemahaman Dan Pengembangan
5.             Sasaran                             : Siswa Kelas X
6.             Tempat Kegiatan              : Ruang Kelas Atau Diluar Kelas
7.             Waktu Pelaksanaan          : 45 Menit


B.            Garis Besar Cerita:
1.             Eksposisi
Paul adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Ambon. Ayah dan ibu paul terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga jarang berkumpul bersama dengan Paul. Paul memiliki banyak teman, Dani, Adin, Gomes dan Mikhael.
2.             Konflik
Paul sering bermain game online di warnet karena di rumah dia merasa kesepian, ayah dan ibunya jarang sekali di rumah dan jarang sekali memperhatikan Paul. Teman-teman Paul menasehati tetapi Paul tidak menggubris nasehat teman-temannya bahkan marah-marah.
3.             Komplikasi
Paul berubah, dia semakin terlihat malas, matanya layu, sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah bahkan sering membolos. Saat di kelas pak Adi, paul tertidur di bangku belakang. Pak adi marah sekali, pak Adi mengusir Paul keluar kelas seminggu waktu ujian telah berlalu. Sehari sebelum penerimaan rapor, Paul mendapat surat panggilan orang tua, bahkan di hari itu, teman-teman dekatnya menagih uang yang dipinjam Paul yang mereka dipersiapakan untuk liburan, Paul tambah panik.
4.             Klimaks
Di ruang BK, orang tua Paul datang untuk memenuhi surat panggilan. Puncak dari semua yang harus diterima Paul adalah Paul tidak naik kelas untuk tahun ini. Orang tua Paul begitu kaget mendengar berita ini.
5.             Solusi
Paul menyesali kesalahannya dan Paul berjanji untuk berubah. Orang tua Paul pun berjanji untuk berubah. Akhirnya Paul dan teman-temannya bersahabat baik lagi.

Paul adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Ambon. Dia anak tunggal dari keluarga yang berada. Ayah dan ibu Paul selalu sibuk dengan pekerjaannya. Di sekolah Paul adalah anak yang keras kepala, pemarah, egois dan suka menang sendiri dari teman-temannya. Meksipun paul berwatak seperti itu, namun paul anak yang setiakawan dan suka berbagi kesenangan dengan teman-temannya.
Saat istirahat Dani, adin, gomes dan mikhael juga paul di kantin. Dani, adin, gomes dan mikhael saling bertanya kepada paul tentang perubahannya yang semakin terlihat malas, mata yang layu, sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah, bahkan sering membolos. Mereka baru mengetahui kalau paul sering bermain game online di warnet setelah paul mau bercerita. Teman-teman paul menasehatai agar kebiasaan ini sementara dihentikan dahulu, tatapi paul tidak menggubris nasehat teman-temannya bahkan marah-marah.
Jam pelajarn setelah istirahat adalah pelajarannya pak adi. Saat pak adi masuk kelas, semua siswa sudah siap berdiskusi, kecuali paul yang terlihat lesu. Saat pak adi bertanya kepada paul, paul diam saja. Kemudian pak adi memulai diskusi kelas. Dani terlihat begitu aktif saat diskusi berlangsung. Dani adalah siswa yang selalu mendapat nilai tertinggi di kelasnya, pandai, rajin, dan baik hati. Dibelakang paul terlihat sedang tidur. Pak adi bertanyak kenapa paul tidur di kelas, paul tidak menjawab. Tidak segan-segan pak adi mengusir romeo keluar kelas.
Seminggu waktu ujian telah berlalu, siang hari dikoridor sekolah dani, adin, gomes dan mikael juga paul berkumpul. Saat berkumpul dengan teman-temannya paul terlihat murung dan diam. Paul bercerita kalau tadi pagi bu amanda menitipkan surat panggilan orangtua kepada paul. Paul kebingungan dan ketakutan, mengingat besok adalah hari terima rpor. Dan imencoba mensupport dan menguatkan paul. Dani berkata kepada paul, bahwa paul tidak boleh lari dari masalah dan harus menjalani kenyataan ini, dengan selalu berpikiran dingan dan tenang, melihat masalah dari segala sisi dan siap bertanggungjawab atas semua yang telah dilakukan adalah hal-hal yang baik dilakukan untu selesai dari masalah. Namun mikhael, gomes dan adin dengan tega meminta uang yang dipinjam paul selama ini yang akan mereka gunakan untuk liburan.
Keesokan harinya, Saat di ruang BK berkumpul bu amanda, pak adi, ayah dan ibu paul. Paul kaget sekali ketika tahu bahwa di situ juga ada ayah dan ibunya karena paul merasa tidak memberikan surat itu kepada orang tuanya. Bu amanda dan pak adi menjelaskan bagaimana paul selama ini di sekolah. Ayah dan ibu paul marah-marah mendengarnya. Dengan berat hati bu amanda memberitahukan bahwa paul tidak dapat naik kelas. Mendengar berita itu, ibu paul seketika pingsan. Paul takut hingga di menangis tersedu-sedu sambil berkata menyesal. Paul menjelaskan kenapa selama ini dia menjadi seperti ini, paul menyesali semuanya. Bu amanda memberi pengertian bahwa kondisi ini masih dapat diperbaiki. Paul berjanji tidak anak mengulangi lagi kesalahannya dan akan berusaha menjadi anak yang baik. Paul keluar dari raung BK, disitu terlihat ada gomes, adin, dani dan mikhael. Paul juga menyesali perbuatannya kepada teman-temannya, terutama dani karena selama ini tidak menuruti nasehatnya.







C.           Pemain Dan  Rambu-Rambu Pemain

No
Pemain
Watak
1
Pak adi (guru kelas X)
Keras, disiplin dan tegas
2
Paul
Keras kepala, pemarah, egois, mudah putus asa, dan setiakawan.
3
Dani
Baik hati, setia kawan, perhatian dan pandai
4
Adin
Lucu, tidak bisa serius dan setia kawan
5
Gomes
Dewasa, setia kawan, baik tetapi mudah tersinggung.
6
Mikhael
Pemalu, tidak bisa serius dan setia kawan
7
Bu amanda(Konselor kelas X)
Sabar, perhatian, tegas, pengertian, pandai dan keibuan.
8
Ayah paul
Berwibawa, tegas dan pengertian
9
Ibu paul
Pemarah, mudah binggung, cuek dan mudah terbawa arus.


D.           Rincian Adegan

Adegan I
Saat istirahat gomes, adin, dani, dan mikhael juga paul di kantin. Dani, mikhael, gomes dan adin berbincang-bincang tentang paul akhir-akhir ini. namun di akhir perbincangan paul, marah karena merasa dipersalahkan, bahkan dia meninggalkan teman-temannya.

Adegan II
Di kelas saat pelajaran pak adi. Dani terlihat aktif saat diskusi berlangsung. Di pojok kelas, paul terlihat tertidru. Saat ditanya dan dinasehati pak adi tentang perilaku itu, paul malah menjawab dengan tidak jelas dan ngelantur. Pak adi makin marah dan mengusir paul keluar kelas. Kemudian pak adi mengakhiri pembelajan.

Adegan III.
Siang hari di koridor sekolah dani, gomes, mikhael dan adi juga paul berkumpul. Paul bercerita kalau ada surat panggilan orangtua untuk ayah dan ibunya. Dani mencoba untuk mengsupport dan menguatkan paul. Namun adin, gomes dan mikhael tega meminta uangnya yang dipinjam paul selama ini. paul semakin takut bahkan lari. Gomes marah-marah. Dani mencoba menenangkan gomes dan mengajak semuanya untuk pulang.

Adegan IV
Keesokan harinya, Saat di ruang BK berkumpul bu amanda, pak adi, ayah dan ibu paul. Paul kaget sekali ketika tahu bahwa di situ juga ada ayah dan ibunya karena paul merasa tidak memberikan surat itu kepada orang tuanya. Bu amanda dan pak adi menjelaskan bagaimana paul selama ini di sekolah. Ayah dan ibu paul marah-marah mendengarnya. Dengan berat hati bu amanda memberitahukan bahwa paul tidak dapat naik kelas. Mendengar berita itu, ibu paul seketika pingsan. Paul berlari keluar ruangan.

Adegan V
Diluar ruangan BK paul tertahan oleh kehadiran gomes, mikhael, dani dan adin. Paul menangis sambil berkata menyesal. Pak adi dan ibu amanda serta ayah dan ibu paul mengikuti paul yang keluar ruangan. Paul menjelaskan keinginannya selama ini. ibu amanda memberi pengertian bahwa kondisi ini masih dapat diperbaiki. Akhirnya paul menyesal dan berjanji untuk berubah.



E.            Penilaian Dan Evaluasi


LEMBAR OBSERVASI
Sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan emosi siswa SMA

Judul sosiodrama: …………………………………………….
Tokoh dan karakter:
1.      ……………………………………..
2.      ……………………………………..
3.      ……………………………………..
4.      ……………………………………..
5.      ……………………………………..
Tahap eksposisi (situasi atau awal dalam sebuah drama)
Peristiwa-peristiwa awal:
1. …………………………………..
2. …………………………………..
3. …………………………………..
Tahap konflik (awal timbulnya masalah)
Konflik awal yang muncul
1. …………………………………..
2. …………………………………..
3. …………………………………..
Tahap komplikasi (masalah awal mulai berbenturan dengan masalah yang lain)
Konflik-konflik yang berhubungan dengan emosi/persaan
1. …………………………………..
2. …………………………………..
3. …………………………………..
Tahap klimaks (puncak permasalahan)
Adegan puncak dari permasalahan
……………………………………...
……………………………………...
……………………………………...
Tahap solusi (penyelesaian masalah)
Solusi masalah yang ditampilkan
……………………………………...
……………………………………...
……………………………………...


Format lembar observasi ini dibagikan kepada siswa sebagai dasar pengamatan, sehingga hasil yang dicapai dari pengamatan dapat sesuai dengan tujuan pelaksanaan sosiodrama ini, hasil observasi dijadikan bahan diskusi di kelas.



REFERENSI

Arixs. 2008. Menanamkan Model Belajar Sosiodrama Untuk Siswa Paud 90% Materi Pelajaran Diserap Anak Didik. Online. www.google.com,
Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosional. Jakarta gramedia.
Goleman, D. 2002. Healing Emotions, Penyembuhan Emosi. Batam center. Interaksara.
Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembagan . jakarta erlangga
Hmlah. T. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang Universitas Negeri malang
Tim pengembangan kurikulum 2007. Model Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Mengengah Atas. Jakarata, direktorak manajeman pendidikan SMA

3 comments: